Jumat, 06 Juli 2012

Penjelasan SEO dan optimasi SEO




SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai "optimasi mesin pencari". Singkatnya, SEO merupakan teknik atau proses untuk meningkatkan  atau menoptimasikan performa sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari ( SERP = Search Engine Results Page ), sehingga akan memaksimalkan dan menoptimalkan traffic atau 'lalu lintas' pengunjung ke situs tersebut, baik itu website statis maupun blog.

SEO merupakan hal yang penting bagi seorang blogger, karena SEO dapat mendatangkan traffic yang signifikan dan bagi seorang blogger, traffic atau 'lalu lintas' pengunjung yang datang merupakan suatu hal penting di sebuah blog. jadi hubungan antara SEO dengan traffic "lalu listas" pengunjung suatu blog/web adalah sangat erat.

Kini SEO sudah berkembang di Indonesia. sudah mulai banyak layanan SEO seperti jasa SEOuntuk mengoptimalkan sebuah blod/web, yang mana kita hanya cukup membayar untukpengoptimalan SEO pada sebuah blog/web yang ingin di optimalkan.

Ada 2 cara untuk megoptimasi SEO untuk sebuah blod/web yaitu, optimasi SEO onpage dan optimasi SEO off page. Berikut ini penjelasannya mengenai optimasi SEO onpage dan SEO offpage:

  1. Optimasi SEO onpage. Sesuai dengan namanya, SEO jenis ini berisi tentang teknik-teknik optimasi dengan memodifikasi faktor-faktor tertentu di dalam webpage / blog itu sendiri, misalnya :
  • Penggunaan keyword
  • penggunaan meta tag
  • penggunan alt tag yang tepat pada gambar
  • pemilihan template yang SEO friendly
  • dan lain-lain
2.  Optimasi SEO offpage. Offpage optimasi pada dasarnya terdiri dari faktor-faktor yang tidak terdapat pada halaman website / blog kita, tapi digunakan dalam algoritma search engine ketika menentukan ranking sebuah situs. Menurut Brad Callen dari Bryxen Software, faktor-faktor ini misalnya :
·         Backlink
·         Submit blog ata mendaftarkan blog
·         Ping blog



Baca juga artikel lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar


Silahkan pos Komentar, Saran, atau Kritik anda disini, komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum di tampilkan, komentar yang bersifat kasar atau spam tidak akan di izinkan.

Terima kasih sudah berkomentar dan berkunjung di Media Biru Putih, semoga bermanfaat.